Kamis, 19 Januari 2017

Kritik Musik

Image result for kartun tangga
A. Pengertian Kritik Musik
Istilah kritik atau critism (Inggris) berasal dari bahasa Yunani yakni krinein yang berarti memisahkan, merinci. Sedangkan objek yang dikritik dalam musik tentu saja terutama karya musik yang sedang dicermati. karya musik umumnya memiliki gagasan (keindahan) bunyi atau pesan yang ingin disampaikan oleh penciptanya. Gagasan (keindahan) bunyi atau pesan yang ingin disampaikan oleh penciptanya. Gagasan berupa nilai keindahan itulah yang akan dikritisi. Oleh karena itu ada orang yang menciptanya, maka gagasan dari penciptanya yang paling utama dianalisis. Oleh karena itu pula gagasan atau ide musik itu biasanya berupa hasil olahan perasaaan dan pikiran penciptanya terhadap sesuatu, maka hal-hal yang mendorong timbulnya gagasan tersebut yang dikaji lebih mendalam.

B. Penyajian Kritik Musik
Ada 4 hal pokok dalam kegiatan penyajian yang sudah umum digunakan pada kritik seni yaitu : 
1. Deskripsi
Judul lagu, nama pencipta dan penyaji, label (perusahaan rekaman), durasi, konduktor atau dirigen (jika ada), nama artis yang terlibat dalam konser tersebut / pembuatan video tersebut. 
2. Analisis 
Merupakan uraian berupa penjelasan hal-hal yang penting dari unsur nada, melodi, harmoni, ritme, dan dinamika musik yang terdapat pada lagu yang di analisis.
3. Interpretasi
Interpretasi dalam hal ini adalah membandingkan antara karya satu dengan karya lainnya yang asejenis. Maknanya bagi perkembangan nilai, baik nilai musikal maupun nilai-nilai ekstra musikal, seperti makna bagi kehidupan kita.
4. Evaluasi.

Menyatakan pendapat atas penyajian suatu musik, namun pendapat yang dimaksud bukan pendapat pribadi tanpa dasar. Evaluasi dari hasil deskripsi dan analisis yang ditunjang interpretasi. 

Tugas !
Buatlah sebuah laporan kritik musik dan
1. Lembar pertama (cover) berisi nama kelompok, daftar nama anggota kelompok, kelas dan foto kelompok.
2. Lembar kedua berisi kata pengantar

3. Lembar ketiga berisi daftar isi
4. Lembar keempat beisi deskripsi, analisis, interpretasi, evaluasi
5. Lembar berikutnya berisi partitur nada dan lirik
6. Lembar berikutnya berisi konsep aransemen
7. Lembar terakhir berisi kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar